Digital Marketing Eksport Untuk UKM Buleleng, Bali

Digital Marketing Eksport Untuk UKM Buleleng, Bali

CEO BOC Indonesia, Hendra W Saputro mendapatkan undangan dari Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng, Bali untuk mengisi workshop Digital Marketing Produk Eksport kepada para pelaku UKM dan IKM.

Workshop Digital Marketing Untuk Pasar Eksport di UKM Buleleng

Workshop tersebut terselenggara pada hari Rabu, 25 November 2020, berlangsung dari pukul 13.30 – 15.30 WITA di ruang meeting Hotel Aneka Lovina. Bertemakan: “UMKM Naik Kelas Menuju Pasar Ekspor Guna Mendukung The Spirit Of Sobean.”

Pemerintah membekali para pelaku usaha dengan ilmu dan wawasan Digital Marketing agar produk mereka bisa eksport menembus pasar luar negeri. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng, Bapak Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si.

Workshop Digital Marketing Untuk Pasar Eksport di UKM Buleleng

Hendra menemukan fakta yang mengejutkan bahwa hampir semua peserta yang hadir di workshop tersebut belum mempunyai website. Bahkan hampir separo nya tidak menggunakan media sosial untuk aktif publikasi bisnisnya.

Para pembeli luar negeri akan melihat produk-produk UKM/IKM Buleleng melalui internet. Salah satu media wajib yang terorganisir menampilkan produk dan bisnis adalah website. Hendra memberikan tips efisien agar pelaku usaha segera memiliki website. Cukup membeli domain name, web hosting dan menggandeng pihak siswa SMK atau mahasiswa universitas untuk membuat website.

Workshop Digital Marketing Untuk Pasar Eksport di UKM Buleleng

Kemudian secara taktis, pelaku usaha harus memahami penting nya kegiatan SEO, personal branding dan branding bisnis di media sosial dan youtube. Goal kegiatan itu adalah untuk mengundang orang (buyer) tertarik kepada mereka dan produk nya. Terjadi komunikasi, interaksi, dan transaksi.

Pelaku usaha pasti sudah cukup sibuk mengurus produk dan bisnis nya. Maka ilmu dan tips digital marketing harus jadi wawasan taktis dan segera dieksekusi secara teknis oleh staf/rekanan nya. Perlu partner dan kolaborasi untuk wujudkan pemasaran melalui internet. Bilamana sendirian masih mampu maka tidak jadi persoalan. Yang penting aksinya.

Semoga mendapatkan manfaat dan segera terjadi transaksi yang membawa manfaat bagi pelaku usaha Kabupaten Buleleng.

Share yuk ...
Web Hosting Cpanel
Web Hosting LiteSpeed
Web Hosting CloudLinux
Web Hosting PHP
Web Hosting Linux